Sepeda Keren

Kang Agus 15 Juni 2021 18:04:01 WIB

Sepeda Keren

Sepeda Keren merupakan akronim dari Sekolah Perempuan Disabilitas Anak dan Kelompok Rentan Lainnya.

Program ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi warganya tanpa terkecuali dan tidak ada ekslusifitas yang harus dilakukan secara inklusif.

Sebelum menghadirkan Sepeda Keren, Pemkab Trenggalek sudah memiliki data. 7 persen perempuan di Trenggalek buta huruf. Selain itu, sebanyak 23,45 persen dari 4.798 penyandang disabilitas menjadi penopang ekonomi dan sosial. 

Modul dasar Sepeda Keren ini misalnya mengenai tata kelola pemerintahan, apa itu sepeda keren, apa itu kepemimpinan perempuan, advokasi, komunikasi, monitoring dan evaluasi.

Sedangkan modul tematik ini misalnya tentang pendekatan terhadap kelompok-kelompok rentan, anak, disabilitas, buruh migran dan perempuan itu sendiri.

Harapannya modul-modul ini ke depan bisa disempurnakan dan di implementasikan oleh para mentor yang sudah direkrut oleh Pemerintah Kabupaten Trenggalek.

Pelaksanaan Sepeda Keren di Trenggalek tentunya tidak lepas dengan pendampingan KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan) kerjasama Pemerintah Australia - Indonesia.

Perwakilan kader sepeda keren di seluruh desa di masing-masing kecamatan dilatih oleh Dinas Sosial P3A dan Mentor Sepeda Keren. 

Aktivis yang banyak ikut berkontribusi dalam kemajuan Trenggalek ini merupakan dukungan Kompak bersama beberapa mitra strategis diantaranya mengenal diri sendiri, materi HAM, materi kesehatan reproduksi, perencanaan dan penganggaran desa. Materi ini diberikan untuk meningkatkan kapasitas. Pengetahuan dan mendorong peran aktif kelompok rentan dalam pembangunan mulai dari lingkungan sekitar dan pemerintahan desa

Dokumen Lampiran : Sepeda Keren


Komentar atas Sepeda Keren

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

INDIKATOR DESA ANTI KORUPSI

Klik di sini Lihat Disini

KOLOM ADUAN MASYARAKAT

Klik di sini Mengadu

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

Klik di sini Isi Survei

Lokasi Sumber

tampilkan dalam peta lebih besar